Jumat, 07 Oktober 2011

Tips Merawat Batik

Memakai baju batik sat ini sudah menjadi suatu kebanggaan bagi kita semua. Pamor baju batik semakin bagus baik di negeri sendiri maupun dunia internasional. Umumnya karyawan kantor membiasakan memakai baju batik pada hari jumat. Nah kebiasaan ini juga hal yang tepat untuk melestarikan kebudayaan ini, semoga ini tetap bertahan terus. Nah, bagi anda yang ingin batiknya tetap kelihatan bagus dan awet, simak tips singkat ini:

baju batik

- Untuk mencuci batik, sebaiknya tidak menggunakan deterjen dan jangan juga digosok. Cukup rendam dengan air hangat jika tak terlalu kotor. Atau bisa juga gunakan sabun khusus batik/sabun mandi untuk bagian yang kotor. Hindari mencuci batik dengan menggunakan mesin cuci.

- Pada saat membilas dan menjemur, batik yang basah jangan diperas. Jemurlah di tempat teduh atau diangin-anginkan hingga kering. Hindari jemur langsung dibawah sinar matahari.

- Pada saat menyetrika, sebaiknya hindari menyeterika batik secara langsung. Cukup letakan sehelai alas kain di atasnya, setelah itu baru disetrika.

- Menyimpan batik, sebaiknya di simpan di dalam plastik, dan hindari menggunakan kapur barus, karena zat padat ini sangat keras dan bisa merusak batik, alternatif lain untuk mengusir ngengat beri sedikit merica yang dibungkus tisu di lemari tempat menyimpan batik

Semoga tips singkat ini bermanfaat untuk Anda (wk)


Info Terkait: Baju Muslim

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar