Rabu, 28 November 2018

Serba Serbi Panel Surya

Kehidupan modern tidak terlepas dari kebutuhan kita akan energi, khususnya listrik. Apalagi saat ini, tidak ada listrik berarti tidak terhubung ke internet. Sebuah bencana bagi banyak orang, khususnya millennials. 

harga solar cell untuk rumah tangga


Sekarang ini teknologi sudah memampukan manusia untuk memanfaatkan sumber daya alam terbarukan yang digunakan untuk memperoleh listrik, seperti air, angin, sinar matahari dan biofuel. Memang harga listrik tenaga surya 5000 watt yang diperoleh dari energi tak terbarukan ini jauh lebih mahal dalam jangka waktu pendek, namun jauh lebih berharga ketika dihitung dalam jangka waktu panjang khususnya dari aspek perlindungan lingkungan hidup. 'Zaman now' sudah selayaknya kita memahami lebih lanjut isu energi terbarukan, salah satunya energi panas matahari atau tenaga surya.

Sistem pemusatan energi surya menggunakan lensa atau cermin dan sistem pelacak untuk memfokuskan energi matahari dari luasan area tertentu ke satu titik. Panas yang terkonsentrasikan lalu digunakan sebagai sumber panas untuk pembangkitan listrik biasa yang memanfaatkan panas untuk menggerakkan generator. Sistem cermin parabola, lensa reflektor Frensel, dan menara surya adalah teknologi yang paling banyak digunakan. Fluida kerja yang dipanaskan bisa digunakan untuk menggerakan generator (turbin uap konvensional hingga mesin Striling) atau menjadi media penyimpan panas.

Apa aja sih keunggulan atau kelebihan dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya, simak ulasan dibawah ini:


  • Panel Surya dapat menyediakan energi listrik bagi siapapun dan dimanapun.
  • Untuk sistem rumah surya, dinilai rata-rata mampu mengurangi 18 ton emisi gas di lingkungan dari rumah kaca setiap tahunnya.
  • Setiap watt yang dihasilkan oleh energi matahari, itu juga berarti kita telah membantu mengurangi pembakaran fosil yang menyebabkan perubahan iklim yang ekstrim.
  • Jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang, energi matahari ini bisa sangat menghemat pengeluaran dana ataupun pengeluaran energi. Meskipun kelihatannya mahal, tetapi jika dijalankan dalam jangka waktu lama bisa menguntungkan.
  • Sangat cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia.
  • Panel surya dapat menyalakan hampir seluruh peralatan rumah tangga
  • Panel surya menjadi bantuan pertama setelah bencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar