Senin, 03 Desember 2018

Info Pompa Air Sumur Bor Tenaga Surya

Pompa air sumur bor tenaga surya


Pompa air sumur bor tenaga surya - Manusia bisa bertahan hidup tanpa makanan selama 21 hari, tapi manusia hanya mampu bertahan hidup selama 3 hari jika tanpa air, karena air adalah kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Selain itu air juga digunakan untuk irigasi dan MCK. Seringnya terjadi masalah dalam memenuhi syarat kebutuhan masyarakat terutama pada daerah yang sumber airnya sangat terbatas  ataupun yang air tanah nya sangat dalam.

Pompa air tenaga surya adalah pilihan yang paling bijak dalam menanggulangi masalah krisis air di daerah terpencil, dikarenakan pompa air tenaga surya penggerak utamanya adalah tenaga surya yang bekerja secara mandiri tanpa bergantung pada batrerai dan PLN ( Pembangkit Listrik Negara ) hanya bekerja menggunakan sinar matahari dan sangat cocok untuk daerah yang tidak terjangkau listrik.

Cara kerja pompa air dengan tenaga surya ini pun relatif lebih mudah dipahami. Yakni energi panas dari matahari ditampung lewat plat-plat dari aluminium di sebuah lapangan terbuka, lalu Energi panas yang ada di plat kemudian dialirkan ke baterai pompa sehingga pompa bisa dinyalakan sewaktu-waktu.

Ada bebapa manfaat dalam menggunakan pompa air tenaga surya, yaitu :
1. Dapat digunakan untuk berbagai sumber air seperti sumur bor, mata air, sumur dangkal, dll.
2. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar listrik untuk operasional pompa air sehari-hari
3. Tidak perlu operator khusus selama operasionalnya karena pompa air tenaga surya bekerja secara otomatis dan mudah dalam perawatan
4. Dibandingkan penggunaan pompa air dengan tenaga listrik dari PLN yang memerlukan banyak kabel atau jaringan, maka penggunaan pompa air tenaga surya sangat mudah dalam pemasangannya, instalasi tidak memerlukan banyak kabel dan jaringan.
5.  Kebutuhan debit perjam dan kedalaman pompa air tenaga surya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, karena pompa air tenaga surya tersedia dalam berbagai jenis dan kapasitas pompa air.

Perlu kalian ketahui bahwa alat penampung energi tenaga surya ini memiliki harga yang terbilang cukup fantastis yaitu kisaran antara 500 sampai 600 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar