Minggu, 12 Februari 2017

5 Negara Warna - Warni Karena Pilox!!

Cat Plastik Primer - Sering lihat anak jalanan milox? Milox itu bisa disebut seni dan terlihat keren apabila digunakan untuk tujuan memberi kesan estetika. Jangan menganggap anak jalanan itu sampah, berandalan, apalagi kriminal. Anak jalanan berkreasi dengan cara milox, jika kemampuannya bisa dikembangkan, maka akan muncul potensi dan bakat seniman dalam dirinya. Namun terkadang kita memandang mereka sebelah mata, padahal banyak karya anak jalanan atau grafiti yang diakui bahkan dihormati di seluruh dunia. Apakah kita tahu negara mana saja yang mengapresiasi grafiti? CEKIDOT!!

1. Kolombia

Kolombia adalah negeri yang memiliki seni grafiti paling unik di dunia. Kenapa? Karena hampir di seluruh Bogota (ibukota Kolombia) kita bisa menemukan grafiti. Seni grafiti dijunjung tinggi di negara ini. Namun itu semua bukan karena banyaknya opium di negeri ini. Para seniman jalanan diperbolehkan menunjukkan kreasi mereka di negeri ini.

2. Australia

Pernah liburan ke Australia? Di sana ada dua tempat penuh grafiti bernama Hosier Lane dan Rutledge Lane yang letaknya di Melbourne, ibukota Australia. Kedua tempat ini menjadi tempat seniman jalanan untuk berkreasi. Karena banyaknya seni grafiti yang bertebaran di tempat ini, grafiti menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang menyukai seni jalanan. Namun tidak dilegalkan, tapi ditoleransi.

3. Amerika Serikat



Pernah main GTA? Apa pernah main Warriors? Ya, kedua game itu merupakan inspirasi dari banyaknya seni grafiti yang bertaburan di setiap tembok Amerika, khususnya di New York dan Los Angeles. Amerika memang kota grafiti bagi para seniman jalanan, terutama seniman yang dulunya merupakan bagian dari gangster atau mafia

4. Jerman



Setelah Perang Dunia II berakhir, Jerman dibagi menjadi 2 yakni Jerman Barat dan Jerman Timur. Saat itu Jerman dibatasi dengan dibentuknya Tembok Berlin yang membagi kedua " Jerman " . Namun setelah Perang Dingin berakhir, tembok itu dihancurkan. Akan tetapi disisakan sedikit untuk mengenang " menyatunya " Jerman kembali. Dan kini tembok itu sudah seringkali dicorat - coret oleh seniman jalanan dengan grafiti mereka yang khas. Selain itu grafiti bukan hanya diperbolehkan di situ saja, namun hampir ada di seisi kota Berlin. 

5. Brazil



Negeri Samba memang terkenal dengan keahlian para pemain sepakbola-nya di seluruh dunia, tapi bukan hanya itu. Walaupun mereka dikenal sebagai negara pemain sepakbola, Brazil juga merupakan negara yang mengapresiasi grafiti. Terutama di Sao Paulo, ada banyak grafiti di sini. Semua seniman dihargai di sini. 

Itulah 5 negara yang warni - warni karena cat semprot atau pilox. Indonesia juga sebenarnya memiliki banyak grafiti yang khas, bahkan kemajuan grafiti Indonesia diakui Internasional. Tapi tetap saja semua itu kembali lagi pada kita, apakah menganggap grafiti itu hanya coretan yang mengganggu atau seni yang tinggi. Semua itu bisa diatur dan diarahkan apabila ditujukan untuk tujuan yang baik dan bermanfaat. Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar