Selasa, 27 Februari 2018

Kiat-kiat Pilih Tipe Server yang Cocok dengan Bisnis Anda

Harga Server unbkPada saat mulai merintis usaha startup jangan pernah meremehkan soal pemilihan macam server yang nantinya akan Anda dipakai. Sebab hal ini dapat menjadi suatu faktor penting yang mempertimbangkan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Berdasarkan yang harus dipertimbangkan pertama kali sebelum memilih ragam server adalah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk kebutuhan rumit, menengah, atau sebatas diaplikasikan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada permulaan, Anda kemudian baru bisa mempertimbangkan macam server yang tepat untuk usaha  Anda.

Kiat-kiat Pilih Tipe Server yang Cocok dengan Bisnis Anda


Sekarang ini kebutuhannya, macam server dibagi ke dalam 4 klasifikasi, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kelebihan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server jenis ini umumnya dipakai dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah pc atau client yang sedikit, kira-kira untuk 10-20 komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak dipakai karena bentuknya yang slim dan gampang dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini sangat cocok untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan pusat data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan jumlah pengguna computer antara dua puluh sampai 100 orang bisa memilih server macam ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih bagus jika dibandingkan server tipe entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai energi back up untuk menjaga server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server bisa menangani sebagian tugas secara bersamaan. Server ini mampu melakukan sebagian tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, memegang sistem pembagian data, dan melaksanakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga mampu meyimpan lebih banyak data dikala perusahaan berkembang lebih cepat. Sebagian, server model ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Model Blade server tidak memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, meskipun begitu server jenis ini memiliki kelebihan tersendiri apabila dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Model desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan model ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa mengaplikasikan suplai daya, pendingin, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya bila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Model server ini sesuai untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, laman informasi, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni model server paling tinggi. Server ini dapat menghasilkan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari seribu user yang bergantung kepada database yang sangat besar.
Server ini umumnya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa aviation, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server macam ini memerlukan ruang yang cukup luas dengan cara pendingin ruangan yang optimal agar server bisa berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi bisnis yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu dipercaya setiap waktu.
Menentukan server yang tepat akan berakibat pada performa perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server dapat berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak bisa menampung pekerjaan pengguna atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan bisnis rugi secara keuangan, kekeliruan ini malah didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar