Selasa, 27 Februari 2018

Kisi-kisi Menentukan Jenis Server yang Cocok dengan Jasa Anda

Harga Server UnbkPada saat memulai merintis usaha startup jangan pernah mengeyampingkan masalah pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal hal yang demikian bisa menjadi salah satu faktor prioritas yang menetapkan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Menurut yang mesti dipikirkan pertama kali sebelum menentukan tipe server yaitu mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan dipakai untuk keperluan rumit, menengah, atau cuma diterapkan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru bisa memastikan macam server yang tepat untuk jasa  Anda.

Kisi-kisi Menentukan Jenis Server yang Cocok dengan Jasa Anda


Saat ini keperluannya, model server dibagi ke dalam empat kategori, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari masing-masing server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server model ini biasanya diterapkan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang sedikit, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak digunakan sebab wujudnya yang tidak memakan tempat dan mudah diletakkan pada rak server.
Model server ini amat tepat untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan pusat data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pemakai laptop antara 20 hingga seratus orang dapat menggunakan server model ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan server tipe entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai energi cadangan untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server dapat menghandle beberapa tugas secara bersamaan. Server ini bisa mengerjakan sebagian tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengatur cara pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekspansi sehingga bisa menampung lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh dengan cepat. Beberapa, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, walaupun begitu server tipe ini mempunyai keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan model ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini mampu menerapkan penyuplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka apabila ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Macam server ini tepat untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, website isu, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah tipe server paling tinggi. Server ini mampu menciptakan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server mampu mengakomodasi lebih dari seribu pemakai yang bergantung pada database yang sangat besar.
Server ini umumnya diterapkan oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, bank, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server macam ini membutuhkan ruangan yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal supaya server dapat bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meski hanya satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan yang memakainya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang sanggup diandalkan setiap waktu.
Menentukan server yang ideal akan berdampak pada daya kerja perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server dapat berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak bisa menampung pekerjaan pengguna atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kekeliruan ini mampu mengakibatkan perusahaan rugi secara financial, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar