Selasa, 27 Februari 2018

Tips Menentukan Macam Server yang Sesuai dengan Usaha Anda

Hewlett Packard indonesia DistributorSaat memulai merintis layanan startup jangan pernah menyepelekan soal pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal hal yang demikian bisa menjadi sebuah faktor prioritas yang menentukan keberhasilan jasa Anda di masa depan. Berdasarkan yang mesti dipertimbangkan pertama kali sebelum memilih tipe server merupakan mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk kebutuhan high, sedang, atau hanya diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan di permulaan, Anda kemudian baru dapat menetapkan jenis server yang sesuai untuk bisnis  Anda.

Tips Menentukan Macam Server yang Sesuai dengan Usaha Anda


Sekarang ini kebutuhannya, model server dibagi ke dalam empat kategori, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari masing-masing server ini? Yuk Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server model ini umumnya diaplikasikan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah pc atau client yang sedikit, sekitar untuk 10-20 komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diterapkan karena bentuknya yang tipis dan gampang ditaruh pada rak server.
Macam server ini sangat tepat untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas pengguna computer antara dua puluh sampai seratus orang dapat memilih server macam ini. Midrange server memiliki spek dan kemampuan yang lebih bagus jika dibandingkan server model entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan pendingin dan penyuplai kekuatan back up untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server sanggup melakukan sebagian tugas secara berbarengan. Server ini sanggup menjalankan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengatur cara pembagian file, dan mengerjakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga bisa menampung lebih banyak data dikala perusahaan berkembang dengan cepat. Beberapa, server jenis ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Jenis Blade server tidak memiliki spesifikasi yang amat tinggi, walaupun demikian server tipe ini memiliki keunggulan tersendiri apabila diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Model desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan jenis ini tersambung pada sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini mampu menggunakan suplai tenaga, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya kalau ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Tipe server ini sesuai untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, website informasi, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yaitu macam server tertinggi. Server ini dapat menghasilkan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari seribu pemakai yang bertumpu kepada database yang besar.
Server ini biasanya diaplikasikan oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, banking, instansi pemerintahan, supplier, stasiun televisi, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server biasanya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server model ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan cara pendinginan ruangan yang optimal agar server mampu berfungsi dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meski cuma satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang bisa diandalkan setiap saat.
Menentukan server yang tepat akan berdampak pada performa perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam memilih server bisa berakibat buruk, bisa berupa server yang tidak mengakomodasi pekerjaan pemakai atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini dapat mengakibatkan usaha rugi secara keuangan, kekeliruan ini pun didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar