Kamis, 30 Maret 2017

5 Jenis Skill Yang Banyak Dicari Perusahaan IT

Perusahaan Konsultan IT - Skill, ada yang tahu apa itu skill? Ingat, skill bukan sikil (wkwkwkwkw :D). Oke, skill adalah kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh seseorang. Entah itu bakat ngitung, nyanyi, maen musik, ngelawak, renang, senam, beladiri, ngoprek, ngehack, dan lain - lain. Pasti sangat menyenangkan sekali apabila kita bisa menyalurkan bakat kita dan dapat menghasilkan uang melalui bakat yang kita miliki tersebut. Kali ini ada beberapa jenis skill, yang bisa membantu kalian merubah nasib hidup kalian. Terutama bagi mereka yang dari kecil atau remaja memang bercita - cita ingin kerja di sebuah perusahaan IT. Mau tahu? CEKIDOT!!

1. Programming



Siapa yang ga kenal sama programmer? Ya, programmer itu orangnya. Kalau programming adalah suatu kemampuan yang berhubungan dengan program komputer. Yang kalau dijabarkan lagi, para programmer merupakan orang - orang yang bisa mengutak - atik, memodifikasi, mengedit, mengatur, bahkan bisa menciptakan suatu program. Para programmer selalu berhubungan dengan kode - kode setiap harinya, yang biasa disebut coding.

Kalau kalian ingin menjadi seorang programmer, itu tidak mudah. Karena coding merupakan ilmu dasar yang harus dikuasai oleh seorang programmer. Dan kalau kita bahas masalah coding beserta pemograman komputer, ada ribuan bahasa pemograman komputer yang mesti kita kuasai. Seperti C/C++, HTML, Java, JavaScript, Pascal, PearlPhyton, PHP, Ruby, dan lain - lain. Tentu saja, kalian tidak diharuskan untuk menguasai semua bahasa itu.

Beberapa bahasa saja sudah cukup, namun akan lebih baik lagi kalau kalian bisa menguasai semua bahasa tersebut. Karena para programmer merupakan jabatan yang sangat susah dicari oleh banyak perusahaan. Dan kalau kalian punya skill itu, kalian bisa dapat gaji yang tinggi!! Gimana, tertarik?

2. Technical Support


Jenis bakat yang kedua ini juga banyak dilirik oleh perusahaan, yakni Technical Support. Technical Support atau Dukungan Teknis adalah kemampuan memperbaiki masalah yang ada pada komputer, entah itu sistem/software-nya error maupun hardware/perangkat kerasnya yang rusak. Technical support juga disebut sebagai teknisi atau ahli teknik komputer yang tahu segala hal yang berkaitan dengan masalah komputer dan cara memperbaikinya. 

Kenapa para teknisi dibutuhkan dan juga dicari oleh banyak perusahaan? Karena perusahaan - perusahaan besar baik perusahaan IT maupun non-IT, saat ini sudah banyak yang menggunakan strategi online marketing (pemasaran online). Jadi mereka memasarkan produk mereka melalui internet atau dunia maya. Namun terkadang, yang namanya internet itu pasti tak jarang mengalami gangguan. Entah itu karena faktor dari serangan hacker, cuaca ekstrim,  kabel rusak, server rusak, maupun hal - hal lainnya. 

Nah, di sinilah peran para technical support dibutuhkan oleh perusahaan. Para teknisi ini akan membantu masalah komputer yang ada baik itu terjadi pada para konsumen maupun di perusahaan itu sendiri. Gaji yang diterima juga cukup tinggi bagi mereka. Ada yang berminat?

3. Business Intelligence


Business Intelligence atau disingkat BI, adalah sekumpulan teknik dan alat yang berfungsi untuk merubah data mentah menjadi informasi berguna dan bermakna untuk tujuan analisis bisnis. Teknologi BI dapat menangani data yang tak tersusun dalam jumlah yang sangat besar untuk membantu mengenali, mengembangkan, dan juga membuat peluang strategi bisnis yang baru. Intinya, kerja mereka adalah mengumpulkan data beserta menyusun data - data yang masih tercecer atau tidak tidak rapi. 

Itulah apa yang dimaksud dengan BI atau IB (Inteligensi Bisnis), dan biasanya mereka bekerja dalam bentuk tim. Banyak perusahaan - perusahaan yang mencari orang - orang yang memiliki kemampuan seperti ini dan biasanya yang direkrut itu ga tanggung - tanggung, yakni antara 15 - 20 orang.  Selain itu, kalian diharuskan menguasai bahasa pemograman SQL kalau mau direkrut. Kalau masalah gaji juga ga kalah tinggi dari skill sebelumnya. 


4. Web Development


Web Development atau Pengembangan Web adalah kemampuan bisa mengatur, mengedit, memodifikasi, mengutak-atik, bahkan menciptakan suatu website. Orang - orang ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan para programmer, namun agak beda tipis. Kalau para programmer berusaha untuk memelihara dan menciptakan suatu program, maka para web developer adalah orang - orang yang berusaha untuk memelihara dan menciptakan website suatu perusahaan. 

Baik itu perusahaan IT maupun non-IT pasti membutuhkan para web developer ini, karena para konsumen (netizen) pasti akan tertarik dengan sebuah website yang memiliki tampilan menarik serta unik. Di sinilah para web developer bermain, pekerjaan mereka adalah mendesain atau merancang website sebuah perusahaan agar terlihat menarik dan banyak konsumen yang kepengen membeli produk perusahaan tersebut. Dengan begitu, maka perusahaan tersebut akan untung. Gaji yang diberikan juga lumayan tinggi, karena website pasti juga berhubungan dengan coding dan beragam bahasa pemograman. 

5. Project Management


Kalau skill yang terakhir ini juga tidak kalah menarik dari skill lainnya, yakni Project Management. Project Management sendiri adalah suatu kemampuan apa saja yang berkaitan dengan bidang IT. Bidang IT itu pastinya sangat banyak, kan? Baik itu animasi, coding, editing video, marketing, periklanan, brosur, baliho, spanduk, dan yang lainnya. 

Nah, banyak perusahaan yang membutuhkan mereka yang memiliki kemampuan seperti di atas itu. Posisi apapun diterima asalkan berdasarkan pada bidang IT. Hal ini sudah pasti akan menjadi kesempatan emas bagi mereka yang punya skill pada beberapa sub-bidang IT. Kalian harus mencobanya, siapa tahu diterima dan bisa kerja langsung. Namun dengan catatan, minimal kalian harus memiliki salah satu skill yang berkaitan dengan bidang IT. 

Oke itulah beberapa skill yang dicari banyak perusahaan IT. Sebenarnya masih banyak perusahaan - perusahaan IT maupun non-IT yang membutuhkan jasa seorang ahli IT, seperti yang disebutkan di atas. Dan tidak jarang juga, ada beberapa perusahaan besar yang memiliki atau menyewa jasa seorang hacker untuk bisa meluaskan ekspansi pemasarannya. Yang namanya hacker itu pasti ada dua, para white hat dan para black hat. Sekarang tinggal kalian pilih, skill mana yang kira - kira sesuai dengan diri kalian. 

Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar