Rabu, 21 Maret 2018

Metode Memilih Jenis Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Distributor Hewlett Packard JakartaDikala mulai merintis layanan startup jangan pernah menyepelekan masalah pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal ini dapat menjadi sebuah unsur penting yang menentukan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Berdasarkan yang patut dipikirkan pertama kali sebelum menentukan ragam server merupakan mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk keperluan high, menengah, atau cuma dipakai untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan pada awal, Anda kemudian baru dapat memastikan jenis server yang layak untuk layanan  Anda.

Metode Memilih Jenis Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda


Sekarang ini kebutuhannya, macam server dibagi ke dalam 4 kelompok, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari masing-masing server tersebut? Mari Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server macam ini biasanya diterapkan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak dipakai karena formatnya yang slim dan mudah diletakkan pada rak server.
Jenis server ini sangat layak untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan pusat data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas user pc antara 20 sampai seratus orang bisa menggunakan server model ini. Midrange server memiliki spek dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server model entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai tenaga back up untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server bisa menangani sebagian tugas secara beriringan. Server ini mampu melaksanakan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, membatasi cara pembagian data, dan melaksanakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga sanggup simpan lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh lebih besar. Beberapa, server model ini menawarkan ekstension untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, walaupun begitu server tipe ini memiliki keunggulan tersendiri jika diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan jenis ini terkoneksi pada sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini dapat menggunakan suplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka jika ada satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Model server ini cocok untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, website informasi, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah jenis server tertinggi. Server ini dapat menciptakan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server sanggup menampung lebih dari seribu pemakai yang bergantung pada database yang besar.
Server ini umumnya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa aviation, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server tipe ini membutuhkan ruang yang cukup lega dengan cara pendinginan ruangan yang optimal agar server bisa bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi usaha yang menerapkannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang sanggup dipercaya setiap waktu.
Menentukan server yang tepat akan berakibat pada kinerja bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server bisa berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak mampu menampung pekerjaan pengguna atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kesalahan ini mampu mengakibatkan bisnis rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar