Rabu, 21 Maret 2018

Tips Pilih Macam Server yang Cocok dengan Jasa Anda

Distributor Hewlett Packard BandungSaat memulai merintis layanan startup jangan pernah menyepelekan soal pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda digunakan. Sebab hal ini bisa menjadi sebuah faktor prioritas yang memastikan keberhasilan layanan Anda di masa depan. Menurut yang seharusnya dipertimbangkan pertama kali sebelum memilih jenis server yakni mencari tahu keperluan Anda sendiri.

Tips Pilih Macam Server yang Cocok dengan Jasa Anda


Apakah server akan dipakai untuk keperluan kompleks, menengah, atau sebatas digunakan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada permulaan, Anda kemudian baru dapat memutuskan jenis server yang sesuai untuk bisnis  Anda.
Sekarang ini keperluannya, tipe server dibagi ke dalam 4 klasifikasi, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kemampuan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita simak lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga diketahui juga dengan nama server tahap awal. Server model ini biasanya diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang sedikit, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak diaplikasikan karena formatnya yang ramping dan gampang dipasangkan pada rak server.
Macam server ini amat tepat untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas user pc antara 20 hingga 100 orang bisa memilih server macam ini. Midrange server memiliki spek dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan server macam entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai energi back up untuk menjaga server tetap menyala terus.

Midrange server dapat menghandle sebagian tugas secara beriringan. Server ini bisa mengerjakan sebagian tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengendalikan metode pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekspansi sehingga dapat simpan lebih banyak data saat perusahaan berkembang lebih besar. Sebagian, server macam ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Macam Blade server belum mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, meski begitu server macam ini mempunyai kelebihan tersendiri jikalau dibandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Macam desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan jenis ini tersambung dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini dapat mengaplikasikan suplai daya, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya kalau ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Macam server ini cocok untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, web informasi, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan model server tertinggi. Server ini bisa menciptakan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server sanggup menampung lebih dari seribu pemakai yang bertumpu kepada database yang sangat besar.
Server ini umumnya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa aviation, bank, instansi pemerintahan, supplier, stasiun TV, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server model ini membutuhkan ruangan yang cukup lega dengan metode pendinginan ruangan yang maksimal agar server mampu berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi bisnis yang menerapkannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat diandalkan setiap saat.
Menentukan server yang tepat akan berpengaruh pada kinerja bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server dapat berakibat buruk, bisa berupa server yang tidak dapat menampung kerja user atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kesalahan ini sanggup mengakibatkan usaha rugi secara financial, kesalahan ini malah didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar