Rabu, 21 Maret 2018

Metode Memilih Tipe Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda

Harga Server unbkKetika memulai merintis layanan startup jangan pernah menyepelekan soal pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Sebab hal hal yang demikian bisa menjadi salah satu elemen utama yang menetapkan keberhasilan jasa Anda di masa depan. Berdasarkan yang wajib dipikirkan pertama kali sebelum menentukan tipe server adalah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.

Metode Memilih Tipe Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda


Apakah server akan diaplikasikan untuk keperluan rumit, menengah, atau sebatas dipakai untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada permulaan, Anda kemudian baru dapat menetapkan jenis server yang cocok untuk usaha  Anda.
Saat ini keperluannya, tipe server dibagi ke dalam empat kategori, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga diketahui juga dengan nama server tahap awal. Server model ini biasanya dipakai dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang kecil, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh computer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak diaplikasikan karena wujudnya yang tidak memakan tempat dan gampang diletakkan pada rak server.
Macam server ini sangat tepat untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan pusat data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan jumlah pemakai laptop antara 20 hingga seratus orang dapat memilih server tipe ini. Midrange server mempunyai spek dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingkan server macam entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai tenaga cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup menghandle beberapa tugas secara berbarengan. Server ini mampu mengerjakan beberapa tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, memegang metode pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekstension sehingga dapat menampung lebih banyak data dikala perusahaan berkembang dengan cepat. Beberapa, server macam ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak memiliki spesifikasi yang amat tinggi, meskipun demikian server macam ini memiliki keunggulan tersendiri jika diperbandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Model desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan macam ini terhubung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini dapat menggunakan penyuplai energi, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya bila ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Tipe server ini tepat untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, laman isu, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni jenis server paling tinggi. Server ini mampu menciptakan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari 1.000 user yang bergantung kepada database yang sangat besar.
Server ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, bank, kantor pemerintahan, supplier, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server model ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan metode pendingin ruangan yang optimal agar server dapat berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meski hanya satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi bisnis yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang bisa diandalkan setiap saat.
Memilih server yang pas akan berpengaruh pada kinerja usaha, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server bisa berpengaruh jelek, bisa berupa server yang tidak sanggup menampung pekerjaan pengguna atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kekeliruan ini sanggup mengakibatkan bisnis rugi secara keuangan, kesalahan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar