Rabu, 14 Maret 2018

Trik Pilih Model Server yang Sesuai dengan Usaha Anda

Distributor Resmi Hewlett Packard IndonesiaPada saat mulai merintis bisnis startup jangan pernah menyepelekan masalah pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Sebab hal ini dapat menjadi sebuah faktor prioritas yang menetapkan keberhasilan jasa Anda di masa yang akan datang. Menurut yang mesti dipikirkan saat pertama kali sebelum menentukan tipe server merupakan mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan dipakai untuk kebutuhan high, sedang, atau cuma digunakan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan di permulaan, Anda kemudian baru bisa menetapkan jenis server yang sesuai untuk bisnis  Anda.

Trik Pilih Model Server yang Sesuai dengan Usaha Anda


Saat ini keperluannya, model server dibagi ke dalam 4 kelompok, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari masing-masing server tersebut? Yuk Kita simak lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server jenis ini biasanya dipakai dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang kecil, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak digunakan karena wujudnya yang ramping dan mudah dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini amat cocok untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan sentra data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pemakai pc antara 20 sampai seratus orang dapat memilih server model ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih bagus jika dibandingkan server model entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan pendingin dan penyuplai tenaga back up untuk mempertahankan server tetap menyala terus.

Midrange server sanggup menghandle beberapa tugas secara beriringan. Server ini sanggup mengerjakan beberapa tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, membatasi sistem pembagian data, dan melaksanakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekspansi sehingga sanggup menampung lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh dengan pesat. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, meski begitu server model ini mempunyai keunggulan tersendiri apabila diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Macam desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan jenis ini terhubung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini mampu memakai penyuplai daya, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya kalau ada salah satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Jenis server ini tepat untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, website berita, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni tipe server paling tinggi. Server ini bisa menciptakan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari 1.000 user yang bergantung pada database yang besar.
Server ini lazimnya digunakan oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, bank, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya disusun di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisikan komputer. Server jenis ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan sistem pendingin ruangan yang optimal agar server bisa bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang memakainya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang pas akan berpengaruh pada performa perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server dapat berakibat jelek, bisa berupa server yang tidak bisa menampung kerja pengguna atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kesalahan ini sanggup mengakibatkan bisnis rugi dari sisi keuangan, kesalahan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar