Rabu, 21 Maret 2018

Metode Menentukan Macam Server yang Layak dengan Bisnis Anda

Distributor Hewlett Packard JakartaKetika mulai merintis jasa startup jangan pernah mengeyampingkan soal pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal ini dapat menjadi sebuah faktor utama yang menetapkan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Menurut yang semestinya dipertimbangkan pertama kali sebelum menentukan variasi server merupakan mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.

Metode Menentukan Macam Server yang Layak dengan Bisnis Anda


Bagaimana jika server akan dipakai untuk kebutuhan rumit, sedang, atau cuma dipakai untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru dapat menetapkan tipe server yang tepat untuk bisnis  Anda.
Sekarang ini kebutuhannya, jenis server dibagi ke dalam empat kategori, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kesanggupan dari tiap-tiap server ini? Yuk Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server macam ini umumnya diaplikasikan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang kecil, sekitar untuk 10-20 PC.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak diterapkan sebab formatnya yang ramping dan mudah ditaruh pada rak server.
Model server ini amat tepat untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas pengguna pc antara 20 sampai seratus orang dapat memilih server model ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus jika dibandingkan server tipe entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai tenaga cadangan untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server bisa melakukan beberapa tugas secara berbarengan. Server ini bisa menjalankan beberapa tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, mengendalikan sistem pembagian file, dan melaksanakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekstension sehingga mampu tampung lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh dengan pesat. Sebagian, server jenis ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server tidak memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, meski begitu server jenis ini mempunyai keunikan tersendiri jika diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan model ini tersambung pada sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa mengaplikasikan suplai energi, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka jikalau ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Macam server ini tepat untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, situs informasi, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah tipe server tertinggi. Server ini mampu menciptakan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari seribu user yang bertumpu kepada database yang besar.
Server ini umumnya digunakan oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya disusun di dalam ruangan tertentu dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server model ini memerlukan ruang yang cukup luas dengan metode pendinginan ruangan yang optimal agar server dapat bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi usaha yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang ideal akan berdampak pada daya kerja usaha, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server dapat berakibat jelek, bisa berupa server yang tidak bisa menampung kerja pemakai atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini malah didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar